ANAK PENERUS CITA - CITA BANGSA

By Admin Humas 28 Agu 2019, 16:19:03 WIB Pendidikan
ANAK PENERUS CITA - CITA BANGSA

Keterangan: Asisten pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Sikka Constantinus Tupen SH bersama Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak dr. Maria Sada Nenu, MPH saat foto bersama anak - anak peserta lokakarya anak tingkat Kabupaten Sikka di Aula Hotel Lokaria, Rabu (28/9/2019)


ANAK PENERUS CITA – CITA BANGSA

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Constantinus Tupe SH mewakili Bupati Sikka membuka secara resmi kegiatan Lokakarya Anak tingkat Kabupaten Sikka di aula Hotel Lokaria Maumere Kecamatan Kangae, Rabu (28/8/2019) pagi tadi.

Kegiatan yang dimotori oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak menghadirkan 85 anak dan pendamping anak dari 21 Kecamatan yang di wilayah Kabupaten Sikka dengan mengusung tema “pentingnya kualititas keluarga dalam perlindungan anak untuk mewujudkan Indonesia layak anak dengan sub tema kita anak Indonesia kita gembira”.

Dalam arahannya Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Constantinus Tupe SH menyampaikan anak merupakan potensi dan penerus cita – cita perjuangan bangsa yang memliki peran startegis dan mempunyaio ciri dan sifat khusus yang memerlukan perlindungan dalam rangka menjamin pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan sosial secara utuh.

“ Realitanya masih terdapat kesenjangan antara kondisi saat ini dengan kondisi yang seharusnya, masih rendahnya capaian kepemilikan akte, rendahnya capaian partisipasi anak usia dini, masih tingginya angka drop out, anak yang tidak memperoleh hak tumbuh kembang secara optimal dikarenakan orang tua tidak menjalankan fungsi pengasuhannya dengan baik dan masih terdapat kasus kekerasan terhadap anak,” kata Cons.

Disamping itu terkait pengembangan kebijakan Kabupaten / Kota layak anak merupakan sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, media dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan program dan kegiatan yang ditujukan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

“ Kabupaten layak Anak merupakan instrument hukum yang sangat penting untuk difahami dan diimplementasikan oleh setiap daerah karena sebagai manusia anak memiliki serangkaian hak yang harus dihormati dan dijamin pemenuhannya disetiap daerah  selain itu anak juga mempunyai hak dam kewajiban yang sama dengan orang dewasa yang diatur oleh ketentuan praturan perundang – undangan,” tandas Cons.

Ia menambahkan untuk menyelesaikan kasus – kasus yang terjadi masyarakat perlu adanya kesadaran yang dapat mendorong keluarga Indonesia agar memiliki pengasuh yang berkualitas, berwawasan, keterampilan dan pengawasan yang komprehensif dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak

“ jika anak mendapat pengasuhan yang berkualitas tentunya anak Indonesia menjadi anak yang bergembira dan menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas, mari kita bersama – sama  mewujudkan Kabupaten Sikka yang layak anak, Indonesia yang layak anak dan dunia yang layak anak,” ujar Cons.

Sementara itu Kepala Bidang perlindungan perempuan dan anak C. Lilis S.L. Umbu Zaza, S.Sos dalam laporan panitia menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan partisipasi, kepemimpinan dan keterampilan serta kepribadian anak Sikka yang berkarakter sehingga hasil yang diharapkan terwujudnya anak Sikka yang memiliki kemampuan berorganisasi dan jiwa kepemimpinan yang baik, cerdas, trampil dan berdisiplin tinggi dalam kehidupan  bermasyarakat, terpilihnya Duta anak Sikka untuk mengikuti konferensi Anak Daerah di tingkat Propinsi NTT dan terbentuknya kepengurusan Forum Anak Sikka tahun 2019 – 2020.

Hadir dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak dr. Maria Sada Nenu, MPH. Sekertaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sikka Bari Fernandez, Camat Waigete Ferdinand Evensius Edomeko S.Fil, Pemerhati Anak Rm. Yoris Role Dale serta undangan lainnya. (jonathan)




Tuliskan komen di Facebook

Bagikan Komentar anda ke Facebook

Lihat semua komentar

Tulis komentar anda


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jajak Pendapat

Apakah situs berita ini membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang kredibel?
  Sangat membantu
  Membantu
  Cukup membantu
  Kurang membantu
  Tidak membantu

Komentar Terbaru

  • Petrus Rasi

    Perlu diapresiasi oleh masyarakat Sikka karena bupati dan wakil yang terpilih lima tahun lalu ...

    Lihat Semua Artikel
  • Servasius Aliando

    Sukses bravo nian ...

    Lihat Semua Artikel
  • lewuk nathan

    Makasih atas pemberitaan ini. Semoga Nian tana maju berkat kerja sama, kerja keras dan kerja ...

    Lihat Semua Artikel
  • Rollys saputra

    Sya bangga dan senang suda mnjadi bgian dr alumni SMAK ALVAREZ meskipun sya tdk sampai tamat sya ...

    Lihat Semua Artikel

Video Terbaru

Lihat Semua Video