Cegah Mati Mendadak, Puskesmas Kopeta Gelar POSBINDU PTM

By Admin Humas 11 Agu 2019, 22:47:47 WIB Kesehatan
Cegah Mati Mendadak, Puskesmas Kopeta Gelar POSBINDU PTM

Keterangan: Giat POSBINDU PTM di Kantor BPMD Sikka belum lama ini


Alok, Berita Sikka

Anda mungkin merasa sehat. Tapi waspadalah,  kematian bisa menjemput Anda secara tiba-tiba lewat penyakit tidak menular (PTM). PTM dijuluki  pembunuh berdarah dingin (the silent killer), karena membuat Anda bisa mati mendadak.

Merealisir visi Kabupaten Sikka dalam melayani hak dasar masyarakat di bidang kesehatan, maka Puskesmas Kopeta semakin gencar menggelar pelayanan. Salah satunya adalah Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) untuk mencegah kematian mendadak akibat PTM.

“2 dari 3 kematian setiap tahun terjadi karena penyakit tidak menular (PTM), dan itu umumnya terjadi pada orang dalam usia produktif atau di bawah 60 tahun. Sialnya, 70% dari orang-orang produktif itu tidak sadar dan tidak tahu bahwa dirinya sakit. Sementara, dari sedikit yang tahu itu tidak mau berobat secara teratur. Oleh karena itu, kami menyelenggarakan Posbindu PTM ini.” Demikian kata Kepala Puskesmas Kopeta Maumere, Apriany F. Refanita, SKM.

Kepala Puskesmas Kopeta Maumere, Apriany F. Refanita, SKM

Kepada Berita Sikka yang meminta keterangannya di sela-sela kegiatan Posbindu PTM bulan Juli yang digelar di aula kantor BPMD Sikka, (25/7/2019), Apriany juga menjelaskan bahwa PTM itu penyakit yang tidak punya gejala, sehingga sering tidak disadari.

The Silent Killers

“Penyakit ini tidak disebabkan oleh kuman atau virus, sehingga tidak menular. Ia juga tidak ada gejala-gejala awal, sehingga orang yang kena itu tidak sadar. Makanya kita perlu mendeteksinya secara dini,” imbuh Apriany.

GARFIK: 9 Jenis penyakit kategori The Silent Killer

Adapun jenis penyakit yang dikategorikan sebagai PTM itu dapat dilihat pada Grafik. Karena tanpa gejala, maka kesembilan penyakit tersebut dijuluki Pembunuh Berdarah Dingin alias The Silent Killers.

Masih kata Apriany, “Tujuan utama kegiatan Posbindu PTM adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Oleh karena itu sasaran Posbindu PTM cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas hingga 59 tahun, baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus PTM.”

Senang Ada POSBINDU

Terhadap pelayanan Posbindu PTM tersebut, para warga masyarakat, pegawai, dan staf desa yang dilayani di Posbindu BPMD (25/7/2019) mengaku senang.

Para ASN Dinas PMD menikmati pemeriksaan medis oleh dokter di Posbindu

“Kami sangat senang dengan Posbindu PTM ini. Senang, karena kami bisa tahu apakah kami ini sedang sakit tanpa kami sadari atau memang benar-benar sehat. Jika dideteksi ada penyakit, maka kita dibantu segera berobat. Jika tidak ada penyakit, maka kita akan makin bergairah bekerja,” demikian komentar Plt. Kepala BPMD Sikka, Fitriani Kristianita, S.Sos, M.Si.

Ayo ke POSBINDU PTM

Fitri tambahkan, bahwa yang diperiksa di Posbindu PTM di kantor BPMD itu terdiri dari para pegawai dan juga para aparat desa serta warga yang sedang berkeperluan di kantor tersebut.

Sekolah, Kantor & Masyarakat

Karena pentingnya mencegah the silent killers itu, maka Puskesmas Kopeta yang mulai menggelar Posbindu PTM sejak 2015 itu mendirikan posbindu baik di sekolah, di masyarakat, maupun di kantor pemerintahan.

POSBINDU PTM  Puskesmas Kopeta siap melayani ke Sekolah, Masyarakat & Kantor

“Untuk sekolah, kami melayani di semua SMP dan SMA dalam wilayah pelayanan Puskesmas Kopeta. Sementara untuk masyarakat, terdapat empat pos, yaitu di Kelurahan Kabor, Kota Uneng, Alok, dan Madawat. Dan untuk instansi pemerintah, pos ini dilaksanakan di Dinas Pariwisata, Kantor Camat Alok, dan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa,” pungkas Apriany.***

Reportase: Agustinus Adisucipto | Editor: Even Edomeko




Tuliskan komen di Facebook

Bagikan Komentar anda ke Facebook

Tulis komentar anda

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

Lihat semua komentar

Tulis komentar anda


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jajak Pendapat

Apakah situs berita ini membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang kredibel?
  Sangat membantu
  Membantu
  Cukup membantu
  Kurang membantu
  Tidak membantu

Komentar Terbaru

  • Petrus Rasi

    Perlu diapresiasi oleh masyarakat Sikka karena bupati dan wakil yang terpilih lima tahun lalu ...

    Lihat Semua Artikel
  • Servasius Aliando

    Sukses bravo nian ...

    Lihat Semua Artikel
  • lewuk nathan

    Makasih atas pemberitaan ini. Semoga Nian tana maju berkat kerja sama, kerja keras dan kerja ...

    Lihat Semua Artikel
  • Rollys saputra

    Sya bangga dan senang suda mnjadi bgian dr alumni SMAK ALVAREZ meskipun sya tdk sampai tamat sya ...

    Lihat Semua Artikel

Video Terbaru

Lihat Semua Video