Dokter Clara Pimpin TC Hillers, Ansar Pesan Tingkatkan Pelayanan
Ada Izin Tertulis dari Menteri Dalam Negeri

By Admin Humas 09 Des 2017, 11:08:57 WIB Kabupaten
Dokter Clara Pimpin TC Hillers, Ansar Pesan Tingkatkan Pelayanan

Keterangan: EMPAT SRIKANDI KESEHATAN - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, dr. Maria B.S. Nenu, MPH; Direktris RSUD TC Hillers, dr. Clara Francis, MPH (kiri); dr. Mercy (kanan); dan dr. Santy (belakang)


Maumere, Berita Sikka

Empat orang pejabat administrator dan pengawas dilantik. Mereka mengisi lowongan jabatan akibat pejabat sebelumnya meninggal dunia dan memasuki masa purna tugas.

Keempat pejabat itu adalah dr. Clara Yosefina Francis, MPH sebagai Direktur BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) RSUD TC. Hillers Maumere; dr. Marieta Laetitia Dua Weni sebagai Kepala Bidang Pelayanan pada RSUD TC. Hillers Maumere; dr. Santy Flora Dua Delang sebagai Kepala UPT (Unit Pelaksana Tugas) Dinas Kesehatan pada Puskesmas Beru; dan Anselmus Laka, S.Sos sebagai Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sikka.

Bertempat di Sikka Convention Centre (SCC) Maumere, Bupati Sikka Drs. Yoseph Ansar Rera melantik dan mengambil sumpah mereka, pada Jumad (08/12/2017) pagi. Hadir sebagai saksi adalah Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Dra. Martha Huberty Pega, dan Kepala Dinas Kesehatan, dr. Maria Bernadina Sada Nenu, MPH, dengan saksi rohani RD Laurensius Noy, Pr., pastor Paroki St. Thomas Morus.

Izin MENDAGRI

“Sebagai salah satu bakal calon dalam Pilkada 2018, saya tidak boleh memutasi atau melantik pejabat, karena sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 dan diubah menjadi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015, tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota, maka Kepala Daerah yang hendak mencalonkan diri lagi dalam pilkada, terhitung sejak enam bulan sebelum ditetapkan KPU menjadi calon, maka tidak boleh melakukan mutasi dan atau pelantikan. Tetapi..., ada kecualinya, yaitu mendapat izin tertulis dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri, Red), atas dasar pertimbangan kepentingan masyarakat,” demikian penjelasan Bupati Ansar dalam awal sambutannya.


Ansemus Laka, S.Sos

Ansar melanjutkan, “Dan untuk pelantikan hari ini, kita telah mendapatkan izin tertulis dari Mendagri, sebagaimana tadi dibacakan dalam Surat Keputusan Bupati. Saudara Ansemus Laka menggantikan Ibu Theresia Tali yang pensiun, dan itu sangat mendesak diganti, karena tugas Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk sangat dibutuhkan saat ini guna melayani kebutuhan masyarakat akan KTP Elektronik. Saat ini masih ada 60 ribu lebih dari 340 ribu lebih warga yang berhak memegang E-KTP namun belum diurus. Target kita, pada akhir Desember ini, sebelum diserahkan ke KPU, setidaknya kita sudah melayani 90 persen. Sisanya bisa diteruskan pada Januari 2018. Karena itulah, Mendagri memberikan izin tertulis.”

Tingkatkan Pelayanan

“Demikian juga dengan jabatan Direktur RSUD TC Hillers,” lanjut Ansar, “Sangat perlu untuk menggantikan saudara kita almarhum dokter Sinaga, agar pelayanan kesehatan bagi masyarakat bisa berjalan normal dan maksimal, baik di sisi pelayanan medis maupun pada sisi administrasinya. Maka izin itu pun diberikan, baik untuk jabatan direktur, maupun untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan oleh dokter Clara yang dipromosikan menjadi direktur.”

dr. Clara Yosefina Francis, MPH

Menyinggung tentang RSUD dr. TC Hillers, Bupati menekankan pentingnya meningkatkan mutu pelayanan, karena fasilitas telah cukup lengkap, pun ketersediaan sumber daya manusianya, baik dokter ahli, dokter umum, bidan, perawat, pun tenaga kesehatan lainnya.

dr. Marieta Laetitia Dua Weni

“RSUD TC Hillers telah punya cukup sarana kesehatan. Kita telah punya alat cuci darah, CT Scan, dan akan kita adakan lagi Chamber, yakni alat kesehatan untu menolong para penyelam yang mengalami gangguan kesehatan akibat menyelam. Ini penting untuk mendukung sektor pariwisata, di mana Teluk Maumere baru saja diberi penghargaan sebagai the most popular diving spot dari Kementerian Pariwisata dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2017. Namun yang lebih penting dari itu adalah pelayanan,” demikian tutur Ansar.

Katanya lagi, “Saya sering mendapat pengaduan dari warga akan mutu pelayanan di RSUD kita, yang sesungguhnya telah menjadi rumah sakit rujukan untuk Flores. Dan saya percaya, direktur yang baru akan bisa menatanya lebih baik.”

Dokter Clara, direktur RSUD TC Hillers kini, mengatakan siap melaksanakan semua tugas yang dipercayakan. “Saya bersama kawan-kawan semua, juga dengan dukungan para dokter senior, akan berusaha melaksanakan semua kepercayaan dan tanggung jawab ini dengan sebaik-baiknya, demi melayani masyarakat yang kita cintai bersama,” kata Clara.

dr. Santy Flora Dua Delang

Turut hadir pada kesempatan itu, dr. Asep Purnama, Sp.PD; dr. Candida Izabel, Sp.S; beberapa kepala dinas, Kadis Perhubungan Wihelmus Sirilus, S.Sos, MSi; Kadis Nakertrans Germanus Goleng, S.Sos; Kadis Pendapatan Drs. Servas Sewar; dan para kepala puskesmas serta staf RSUD TC Hillers. (Rudy, Lorenz, Even)




Tuliskan komen di Facebook

Bagikan Komentar anda ke Facebook

Lihat semua komentar

Tulis komentar anda


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jajak Pendapat

Apakah situs berita ini membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang kredibel?
  Sangat membantu
  Membantu
  Cukup membantu
  Kurang membantu
  Tidak membantu

Komentar Terbaru

  • Petrus Rasi

    Perlu diapresiasi oleh masyarakat Sikka karena bupati dan wakil yang terpilih lima tahun lalu ...

    Lihat Semua Artikel
  • Servasius Aliando

    Sukses bravo nian ...

    Lihat Semua Artikel
  • lewuk nathan

    Makasih atas pemberitaan ini. Semoga Nian tana maju berkat kerja sama, kerja keras dan kerja ...

    Lihat Semua Artikel
  • Rollys saputra

    Sya bangga dan senang suda mnjadi bgian dr alumni SMAK ALVAREZ meskipun sya tdk sampai tamat sya ...

    Lihat Semua Artikel

Video Terbaru

Lihat Semua Video