Hasil Musrenbang Kecamatan Masuk e-Planning
Plt. Bupati Sikka Hadiri MUSRENBANG RKPD di Kecamatan Magepanda

By Admin Humas 01 Mar 2018, 16:40:09 WIB Kabupaten
Hasil Musrenbang Kecamatan Masuk e-Planning

Keterangan: Dari kiri: Camat Magepanda Drs. Urbanus Pagan; Plt. Bupati Sikka, Drs. Paolus Nong Susar; Pimpinan DPRD Sikka, Donatus David, SH; Tsu, SE dari Bapelitbang; dan Markus Mau, SH dari Dinas PMD


Magepanda, Berita Sikka

Mulai 2018, Pererintah Kabupaten Sikka menerapkan sistem e-Government, yang diawali dengan perencanaan berbasis teknologi informatika (IT) atau e-Planning (electronic planning). E-Planning ini diisi pertama-tama dengan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD), lantas Hasil Musrenbang Tingkat Kecamatan, yang merupakan hasil rangkuman perencanaan di tingkat desa.

“Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) adalah kegiatan tahunan di mana kita merencanakan segala urusan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan juga pelayanan masyarakat. Itu semua diadministrasikan secara komplet, transparan, dan akuntabel dalam suatu aplikasi elektronik. Inilah salah satu bentuk e-Government, yang diawali dengan perencanaan elektronis atau e-Planning. Dengan ini, apa yang kita rencanakan sekarang ini, dapat dicek siapa saja agar dikawal bersama untuk pelaksanaannya. Apalagi desa-desa kita juga sudah punya SISKEUDES (sistem keuangan desa).”

Hal ini disampaikan Plt. Bupati Sikka Drs. Paolus Nong Susar saat memberikan arahan pada kegiatan MUSRENBANG Kecamatan Magepanda di Halaman Kantor Camat Magepanda, Rabu (28/2/2018).

Pelaksana Tugas Bupati yang adalah Wakil Bupati Sikka itu menambahkan, bahwa dari e-Planning, kita akan melangkah ke tahap berikutnya, yakni e-Budgeting, atau Sistem Penganggaran Elektronik, yang di dalamnya terdapat pagu dana keuangan dan sebagainya.

Setelah itu, dalam mengeksekusi anggaran itu, semua warga masyarakat dapat mengawasinya dan ikut serta mengevaluasinya dengan menggunakan e-Monev atau (electronic monitoring and evaluation).

“Semua yang sudah terencana itu, baik perencanaan kegiatan maupun rencana anggarannya tidak akan berubah lagi, oleh siapapun dan dengan alasan apapun,” tandas Nong Susar.

e-Gov Diawasi KPK

Sebagaimana diberitakan, pada November 2017, Kabupaten Sikka dan Kabupaten Batang (Provinsi Jawa Tengah) telah menandatangani perjanjian kerjasama di bidang E-Government, oleh Bupati Sikka Drs. Yoseph Ansar Rera dan Bupati Batang Wihaji, S.Ag, M.Pd.

Kabupaten Batang dipilih karena merupakan kabupaten dengan sistem e-Gov terbaik dan direferensikan oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi).

Dengan demikian, sistem e-Planning, e-Budgeting, e-Monev dalam kesatuan e-Gov Kabupaten Sikka, yang masih menggunakan server Kabupaten Batang itu akan ikut dipantau langsung oleh KPK.

Hadir dalam kegiatan itu Pimpinan Tunggal DPRD Sikka Donatus David SH, Perwakilan, OPD Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Sikka, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda se-Kecamatan Magepanda.*

Reportase: Jonathan | Editor: Even Edomeko




Tuliskan komen di Facebook

Bagikan Komentar anda ke Facebook

Lihat semua komentar

Tulis komentar anda


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jajak Pendapat

Apakah situs berita ini membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang kredibel?
  Sangat membantu
  Membantu
  Cukup membantu
  Kurang membantu
  Tidak membantu

Komentar Terbaru

  • Petrus Rasi

    Perlu diapresiasi oleh masyarakat Sikka karena bupati dan wakil yang terpilih lima tahun lalu ...

    Lihat Semua Artikel
  • Servasius Aliando

    Sukses bravo nian ...

    Lihat Semua Artikel
  • lewuk nathan

    Makasih atas pemberitaan ini. Semoga Nian tana maju berkat kerja sama, kerja keras dan kerja ...

    Lihat Semua Artikel
  • Rollys saputra

    Sya bangga dan senang suda mnjadi bgian dr alumni SMAK ALVAREZ meskipun sya tdk sampai tamat sya ...

    Lihat Semua Artikel

Video Terbaru

Lihat Semua Video