Musuh Kita adalah Kemiskinan, Bukan Sesama Calon
Hasil Rakornas Penanganan Kerawan Sosial

By Admin Humas 09 Mar 2018, 07:41:25 WIB Kabupaten
Musuh Kita adalah Kemiskinan, Bukan Sesama Calon

Keterangan: Plt. Bupati Sikka Drs. Paolus Nong Susar, dengan latar belakang 3 pasangan calon peserta Pilkada Sikka 2018


Maumere, Berita Sikka

Para kontestan Pilkada Sikka 2018, beserta para juru kampanye dan tim sukses masing-masing pasangan calon, hendaknya mengkampanyekan program kerja, sambil menghindari politik identitas. Karena musuh kita adalah kemiskinan, bukan sesama calon.

Demikian ajakan Plt. Bupati Sikka, Drs. Paolus Nong Susar, di ruang kerjanya, Kamis (8/3/2018). Ajakan itu adalah tindaklanjut dari hasil Rapat Koordinasi Nasional Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tahun 2018 yang dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Hak Asasi Manusia (Polhukam) Wiranto, di ballroom Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Rabu (7/3/2018) pagi, dengan tema "Sinergitas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Guna Mendukung Sukses Pilkada 2018 dan Persiapan Pemilu 2019". Acara itu dihadiri juga oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, sebagai salah satu narasumber rakornas.

Utamakan Pencegahan

Kata Plt. Bupati Sikka, Kabupaten Sikka tidak masuk dalam wilayah rawan konflik menurut peta sosial Badan Intelijen Negara. Namun yang namanya kerawanan sosial bisa saja timbul jika kita tidak awas.

“Menko Polhukam Wiranto menghimbau agar para petugas pilkada, terutama PANWASLU (Panitia Pengawas Pemilu) dan juga aparat keamanan, untuk senantiasa waspada dengan mengutamakan tindakan pencegahan, daripada mengatasi persoalan,” papar Plt. Bupati Sikka, Nong Susar.

Musuh Kita

Masih kata Nong Susar, dalam konteks pencegahan itu, perlu ditanamkan kesadaran di benak segenap rakyat, terutama para pasangan calon beserta tim jurkam dan tim suksesnya, bahwa musuh kita bukanlah calon lain.

“Musuh kita adalah kemiskinan, kebodohan, ketidaksehatan, keterbelakangan. Bukan pasangan calon lain. Pasangan calon lain adalah sama saudara kita yang menemani kita yang juga mau menawarkan solusi untuk Rakyat bisa keluar dari kondisi kemiskinan-kebodohan-ketidaksehatan itu,” kata Nong Susar.

Buruknya Politik Identitas

Karena itu pula, lanjut Nong Susar, semua calon beserta pendukungnya diajak untuk menghindari politik identitas.

“Politik identitas itu yakni menonjolkan SARA-nya, sukunya, agamanya, rasnya, golongannya. Itu tidak boleh. Karena problem yang kita hadapi itu ada di mana-mana, di semua suku, di semua agama, di semua golongan. Maka tonjolkan program bagaimana meningkatkan kesejahteraan, angka harapan hidup, dan strategi mencerdaskan warga.” Demikian penegasan Plt. Bupati Sikka, Drs. Paolus Nong Susar, yang juga Wakil Bupati Sikka periode 2013-2018 pasangan Bupati Sikka Drs. Yoseph Ansar Rera, yang kini sedang cuti guna mengikuti Pilkada Sikka 2018.

Kearifan Lokal

Tak cuma itu. Plt. Bupati pun mengingatkan ajaran leluhur Nian Tana Sikka, bahwa kita semua ini bersaudara.

Ita mogat sawen ue nora wari, ama nora me, nara nora wine. Kita lei sawe ka’e no’o aji, ame no’o ana, weta no’o nara. Tutur naha mawe-mawe, harang naha doi-doi. Keko mawe-mawe, nosi pawe-pawe. Itu pula yang dimaksud dalam semangat SATU SIKKA. Kita adalah satu keluarga besar Nian Tana, anak-anak sah Bangsa Indonesia.” Begitu pungkas Plt. Bupati.*

Even Edomeko




Tuliskan komen di Facebook

Bagikan Komentar anda ke Facebook

Lihat semua komentar

Tulis komentar anda


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jajak Pendapat

Apakah situs berita ini membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang kredibel?
  Sangat membantu
  Membantu
  Cukup membantu
  Kurang membantu
  Tidak membantu

Komentar Terbaru

  • Petrus Rasi

    Perlu diapresiasi oleh masyarakat Sikka karena bupati dan wakil yang terpilih lima tahun lalu ...

    Lihat Semua Artikel
  • Servasius Aliando

    Sukses bravo nian ...

    Lihat Semua Artikel
  • lewuk nathan

    Makasih atas pemberitaan ini. Semoga Nian tana maju berkat kerja sama, kerja keras dan kerja ...

    Lihat Semua Artikel
  • Rollys saputra

    Sya bangga dan senang suda mnjadi bgian dr alumni SMAK ALVAREZ meskipun sya tdk sampai tamat sya ...

    Lihat Semua Artikel

Video Terbaru

Lihat Semua Video