Pantai Paris hingga Waipare Akan Aman dari Abrasi

By Admin Humas 11 Sep 2018, 11:04:55 WIB Kabupaten
Pantai Paris hingga Waipare Akan Aman dari Abrasi

Keterangan: Pantai Paris Maumere saat dihantam gelombang tinggi pada Januari 2018


Jakarta, Berita Sikka

Jiwa warga di kawasan Pantai Paris hingga Pantai Waipare akan aman dari ancaman bencana abrasi yang datang tiap musim Barat. Jaminan keamanan itu berupa telah disetujuinya rencana pembangunan waterbreak atau pemecah gelombang seharga 60 Miliar oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta. Di PNPB ini pekan lalu Penjabat Bupati Sikka Drs. Mekeng P. Florianus bersilaturahmi.

Dalam silaturahmi itu, Flory memperjuangkan dana Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana (RRPB) sebesar 60 Miliar Rupiah. Dana tersebut untuk membangun waterbreaker di pesisir Utara Kabupaten Sikka, yakni dari Pante Paris Lokaria, Desa Habi, hingga Pantai Waipare, Desa Watumilok, Kecamatan Kangae. Di hamparan yang juga menjadi tempat wisata populer ini, pada setiap musim Barat, selalu terjadi abrasi hebat. Bahkan, pada Februari 2017 dan 2018, sejumlah kepala keluarga di sana terpaksa mengungsi akibat rumahnya dirusakkan air pasang. Air pasang itu pun merusak berbagai asset dan alam pantai yang menjadi salah satu spot pariwisata popular di Kabupaten Sikka itu.

Proposal 60 Miliar disetujui

Bertempat di Graha BNPB Jl. Pramuka Kavling 38 Jakarta Timur, Flory Mekeng diterima oleh Sekretaris Utama BNPB, Ir. Dody Ruswandi, MSCE, dan Direktur Penilaian Kerusakan Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Tetty Saragih.

Direktur Penilaian Kerusakan Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Tetty Saragih

Kata Tetty Saragih, “Tim verifikasi telah melihat secara langsung lokasi bencana abrasi di Maumere itu dan melaporkannya. Dan kami menilainya layak dibantu. Tugas kami selanjutnya adalah mengusulkannya ke Kementerian Keuangan.”

Tetty lalu menjelaskan proses dan alur bantuan. “Jika proposal yang kami telah nilai layak itu disetujui Menteri Keuangan, maka dana itu akan diberikan sebagai dana hibah dan ditandatangani oleh Dirjen Perimbangan Keuangan bersama Bupati. Dana itu nanti masuk dalam struktur APBD dan proyeknya dilaksanakan sesuai mekanisme pelelangan dan diawasi DPRD setempat,” urai Tetty.

Akhir September Diajukan ke Menkeu

Sementara itu, Sekretaris Utama BNPB, Dody Ruswandy, menyampaikan bahwa pihak BNPB akan memperjuangkannya bersama proposal untuk rehabilitasi bencana gempa bumi Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada awal September 2018 ini.

Sekretaris Utama BNPB, Dody Ruswandy dan Penjabat Bupati Sikka Mekeng P. Florianus 

“Pada minggu ketiga bulan September ini, kami akan mengusulkan proposal Kabupaten Sikka itu ke Menteri Keuangan Republik Indonesia bersama dengan usulan rehabilitasi Bencana Lombok. Kami harap bisa direalisasikan dalam waktu dekat,” ungkap Dody Ruswandy kepada Flory Mekeng yang didampingi Kepala Pelaksana BPBD Sikka Drs. Muhamad Daeng Bakir dan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Sikka, Even Edomeko, S.Fil.

Dari kanan: Penjabat Bupati Sikka, Flory Mekeng; Direktur RRPB BNPB, Tetty Saragih; Kalak BPBD Sikka, Daeng Bakir; kabag Humas Sikka, Even Edomeko

Rakyat Kabupaten Sikka Berterima Kasih

Memperoleh jawaban positif itu, Flory Mekeng menyampaikan terima kasih dan harapan agar semua itu menjadi kenyataan.

“Kami datang untuk menyampaikan ucapan terima kasih, karena BNPB telah mengirimkan Tim Verifikasi pada awal Agustus 2018 lalu, guna menguji proposal kami, dan syurkurlah dinilai layak. Kami sadar, bukan hanya Kabupaten Sikka yang menderita bencana dan membutuhkan dana RRPB, melainkan juga saudara-saudara kita lainnya di Indonesia ini. Tapi kami perlu datang menyampaikan terima kasih kami, agar setidaknya map usulan kami berada di bagian atas dalam berkas pimpinan BNPB,” kata Flory Mekeng, yang pernah menjabat Kepala BPBD Provinsi NTT itu.

Proposal Bencana 2018

Adapun proposal itu didasarkan atas Surat Pernyataan Bencana (SPB) oleh Bupati Sikka Drs. Yoseph Ansar Rera, pada 5 Februari 2018. Berdasarkan SPB itu, Tim Teknis Pemkab Sikka merancang rencana solusi atas bencana itu. Mereka terdiri dari Kepala Pelaksana BPBD Drs. Muhamad Daeng Bakir; Kepala Bappelitbang Adrianus Firminus Parera, SE, MSi; Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Thomas F. Lameng, ST; dan Sekretaris DPKAD Ferdinandus Kadju Djeen, SE. Hasilnya adalah proposal tersebut.

Warga Waipare berlari menyelamatkan diri dari bencana abrasi pada Januari 2018

Baca: Abrasi Hantam Waipare, 22 Rumah Rusak, 115 Jiwa Mengungsi

Plt. Bupati Sikka Drs. Paulus Nong Susar kemudian mengirim proposal itu kepada Kepala BNPB cq. Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, disertai pernyataan dukungan oleh Gubernur NTT Drs. Frans Lebu Raya.

Menjawabi proposal itu, BNPB mengirimkan Tim Survey ke Maumere pada awal Agustus 2018. Guna mengawal proposal yang telah diverifikasi itu, Penjabat Bupati Sikka Drs. Mekeng P. Florianus menuliskan surat ucapan terima kasih pada BNPB, dan pada 6 September 2018, langsung bersilaturahmi ke BNPB.

Pantai Paris Homestay, salah satu spot wisata di Pantai Paris Maumere (foto: pantaiparishomestay)

“BNPB sudah setujui. Kita doakan semoga urusan selanjutnya dimudahkan oleh Tuhan demi masyarakat kita. Sehingga pada musim gelombang pasang berikut, masyarakat kita yang mendiami wilayah pesisir dari Pantai Paris hingga Waipare terbebas dari ancaman abrasi,” harap Flory.*** (even)




Tuliskan komen di Facebook

Bagikan Komentar anda ke Facebook

Tulis komentar anda

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

Lihat semua komentar

Tulis komentar anda


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jajak Pendapat

Apakah situs berita ini membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang kredibel?
  Sangat membantu
  Membantu
  Cukup membantu
  Kurang membantu
  Tidak membantu

Komentar Terbaru

  • Petrus Rasi

    Perlu diapresiasi oleh masyarakat Sikka karena bupati dan wakil yang terpilih lima tahun lalu ...

    Lihat Semua Artikel
  • Servasius Aliando

    Sukses bravo nian ...

    Lihat Semua Artikel
  • lewuk nathan

    Makasih atas pemberitaan ini. Semoga Nian tana maju berkat kerja sama, kerja keras dan kerja ...

    Lihat Semua Artikel
  • Rollys saputra

    Sya bangga dan senang suda mnjadi bgian dr alumni SMAK ALVAREZ meskipun sya tdk sampai tamat sya ...

    Lihat Semua Artikel

Video Terbaru

Lihat Semua Video