Pemda Sikka Siapkan 380 Beasiswa Kuliah di Maumere
Download Formulir Beasiswa di www.humas.sikkakab.go.id/download

By Admin Humas 26 Mei 2019, 14:32:29 WIB Pendidikan
Pemda Sikka Siapkan 380 Beasiswa Kuliah di Maumere

Keterangan: Bupati Sikka F. Roberto Diogo dan Ketua Pengurus Yayasan Cristo Re RD Felicianus dari (tengah) sedang menunjukkan MOU Kerjasama Pendidikan yang telah ditandatangani


Maumere, Berita Sikka

Di tahun 2019 ini Pemerintah Kabupaten Sikka menyiapkan 380 beasiswa untuk putera-puteri Nian Tana di 3 perguruan tinggi khususnya yang berada di Kabupaten Sikka. Ketiga perguruan tinggi itu adalah STT Cristo Re, UNIPA, dan IKIP Muhamadiyah Maumere.

Kerja sama Pemda Sikka dengan ketiga perguruan tinggi tersebut (kecuali Cristo Re) akan dituangkan dalam Nota Kesepahaman (MOU / Memorandum of Understanding) dan diikuti dengan perjanjian kerjasama.

Alokasi Beasiswa

Menurut Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, M.Si., dari 380 beasiswa itu, dialokasikan 80 Beasiswa untuk Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Cristo Re, 100 Beasiswa untuk IKIP Muhamadiyah, dan 200 Beasiswa untuk UNIPA Maumere.

“Saya memandang semua perguruan tinggi itu sama, yakni sama-sama milik Pemda dan Masyarakat Kabupaten Sikka, yang selama ini sudah berjasa mencerdaskan kehidupan bangsa. Sehingga semuanya kami rangkul untuk kerja sama memberikan beasiswa, sesuai kemampuan keuangan daerah saat ini,” kata Bupati Robby Idong, sapaan karibnya.

Dari ketiga perguruan tinggi tersebut, baru STT Cristo Re yang sudah ada MOU-nya. Sementara IKIP Muhamadiyah dan UNIPA akan segera dilaksanakan penandatanganan MOU kerja sama termaksud.

STT Cristo Re

MOU (Memorandum of Understanding) atau Nota Kesepahaman Tentang Kerjasama Bantuan Pendidikan dengan STT Cristo Re ditandatangani oleh Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, M.Si dan Ketua Pengurus Yayasan Cristo Re Keuskupan Maumere RD. Felicianus Dari, S.Fil., S.Pd., di Aula Kantor Bupati Sikka, Jl. A. Yani 41 Maumere, Senin (20/05/2019).

Peristiwa ini disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Sikka Romanus Woga, Wakil Ketua DPRD Sikka Donatus David, S.H., Vikaris Jenderal Keuskupan Maumere RP. Teleforus Jenti, O’Carm; RD Yulius Cesar Reda dan Ibu Dian, serta Kepala Bagian Kesra Setda Sikka, Drs. Mena da Silva.

Pelayanan Kebutuhan Dasar

“Sesuai dengan visi-misi Pemerintah Kabupaten Sikka periode 2018-2023, kami ingin serius memperjuangkan agar semua putera-puteri Kabupaten Sikka harus mencapai pendidikan tinggi, menjadi sarjana,” kata Bupati Robby Idong, sapaan Bupati Fransiskus Roberto Diogo.

Lanjutnya lagi, “Semua orang tua ingin anaknya jadi ‘orang’. Mereka bilang, biar kami miskin dan bodoh, asal anak kami pintar dan sukses. Maka mereka terpaksa jual harta miliknya untuk membiayai pendidikan anak-anaknya. Akibatnya mereka semakin miskin.

“Ini tidak boleh terjadi lagi. Negara harus menjamin kebutuhan dasar ini. Maka saya dan Pak Wabup Romanus Woga bertekad memberikan beasiswa dan bantuan dana adat pendidikan. Namun yang disetujui DPRD Sikka baru beasiswa.

“Oleh sebab itu, kami akan bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi, baik yang ada di Kabupaten Sikka maupun yang di luar kabupaten, untuk bekerja-sama memberikan beasiswa pendidikan ini. Salah satunya adalah STT Cristo Re.

“Oleh karena itu, atas nama masyarakat, saya menyampaikan terima kasih kepada Keuskupan Maumere, Yayasan Pendidikan Cristo Re, dan STT Cristo Re, yang hari ini baru saja menandatangani MOU bidang pendidikan dengan Pemda Sikka.”

Bupati juga menjelaskan, bahwa sesuai kemampuan keuangan daerah, belum semua biaya pendidikan ini ditanggung sepenuhnya oleh Pemda Sikka.

“Kami minta tolong orang tua untuk tetap membiayai kebutuhan seperti belanja buku, belanja makan minum, pemondokan, dll,” jelas Bupati.

Tamat Langsung Kerja

Sementara Ketua Pengurus Yayasan Cristo Re Keuskupan Maumere, RD. Felicianus, juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Pemda Sikka untuk menitip putera-putera daerah agar belajar di STT Cristo Re.

“STT Cristo Re berafiliasi dengan ATMI Surakarta, dengan misi mendidik putera-puteri daerah untuk trampil di bidang teknologi terapan, khususnya mesin industri. Diharapkan, para lulusan Cristo Re langsung bisa bekerja dan produktif secara mandiri,” kata RD Felicianus.

Sesuai MOU ini, Pemda Sikka mengalokasikan sejumlah dana beasiswa untuk 80 mahasiswa di Cristo Re. Dana akan ditransfer ke pihak sekolah, mahasiswa tinggal belajar.

Dukungan Anggaran

Sementara Wakil Ketua DPRD Sikka Donatus David, S.H. menyatakan bahwa DPRD Sikka selaku wakil masyarakat siap untuk mendukung semua program yang baik dengan dukungan anggaran.

“Kami selaku wakil rakyat tentu saja akan mendukung semua program pemerintah yang baik dan berguna bagi masyarakat. Apalagi bidang pendidikan ini memang merupakan hal yang prioritas baik di Pusat, di tingkat Provinsi, maupun di Kabupaten. Maka DPRD akan mendukung juga melalui kebijakan anggaran,” kata Donatus.

Cara Mendapat Beasiswa

Bagi para calon mahasiswa yang berminat memperoleh beasiswa Pemda Sikka, dipersilahkan:

  1. Mengisi FORMULIR PENDAFTARAN.
  2. Melengkapi persyaratan, seperti: (a) Surat Keterangan Miskin dari Desa; (2) Fotokopi Kartu Keluarga; (c) Fotokopi e-KTP (bagi yang sudah punya).
  3. Mengantar FORMULIR LAMARAN yang telah diisi beserta lampiran persyaratannya ke BAGIAN KESRA SETDA SIKKA.
  4. Formulir Pendaftaran bisa diambil di BAGIAN KESRA, atau BAGIAN HUMAS, atau bisa didownload di: www.humas.sikkakab.go.id/download

Sebagaimana telah diberitakan, selain di dalam wilayah Kabupaten Sikka, Pemda Sikka juga telah menyiapkan 100 Beasiswa di Universitas Tribuana Tunggadewi Malang, Jawa Timur, yang telah penuh quota pendaftarnya. Saat ini pun masih ada beberapa perguruan tinggi yang sedang dijajaki oleh Pemda Sikka di Jawa dan Sulawesi, dan akan diberitakan ke publik jika sudah siap untuk pendaftarannya. *** (even edomeko)




Tuliskan komen di Facebook

Bagikan Komentar anda ke Facebook

Tulis komentar anda

Ada 5 Komentar untuk Berita Ini

Lihat semua komentar

Tulis komentar anda


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jajak Pendapat

Apakah situs berita ini membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang kredibel?
  Sangat membantu
  Membantu
  Cukup membantu
  Kurang membantu
  Tidak membantu

Komentar Terbaru

  • Petrus Rasi

    Perlu diapresiasi oleh masyarakat Sikka karena bupati dan wakil yang terpilih lima tahun lalu ...

    Lihat Semua Artikel
  • Servasius Aliando

    Sukses bravo nian ...

    Lihat Semua Artikel
  • lewuk nathan

    Makasih atas pemberitaan ini. Semoga Nian tana maju berkat kerja sama, kerja keras dan kerja ...

    Lihat Semua Artikel
  • Rollys saputra

    Sya bangga dan senang suda mnjadi bgian dr alumni SMAK ALVAREZ meskipun sya tdk sampai tamat sya ...

    Lihat Semua Artikel

Video Terbaru

Lihat Semua Video