Pergilah ke Tanah Suci, Jawablah Panggilan Ilahi
Pj Bupati Mekeng Melepaspergikan Jemaah Haji Nian Tana

By Admin Humas 04 Agu 2018, 09:23:00 WIB Kabupaten
Pergilah ke Tanah Suci, Jawablah Panggilan Ilahi

Keterangan: Pj Bupati Drs. Mekeng P. Florianus pose bareng para calon haji Kabupaten Sikka


Maumere, Berita Sikka

Pergilah ke Tanah Suci, ke Mekkah Al-Mukaromah

Jawablah panggilan Allah, tunaikan rukun ke-lima

Jalan baik-baik, jaga diri, jaga kesehatan

Jaga nama Maumere kita, perbanyak perbuatan baik

Kami menyertaimu dengan doa dari Nian Tana….

 

Begitu pesan Penjabat Bupati Sikka, Drs. Mekeng P. Florianus, kala melepaspergikan 81 jemaah calon haji Kabupaten Sikka, di Aula Kantor Bupati Sikka, Jln. A. Yani Maumere, pada Jumat 3 Agustus 2018 sore.

“Bapak-Ibu pasti sudah berjuang keras, menunggu lama, hingga hari ini bisa berada di sini. Itu artinya Bapak-Ibu punya kesabaran yang teruji,” kata Penjabat Bupati.

Pelihara Kesabaran

Masih kata Penjabat Bupati, “Karena itu, saya mohon, peliharalah kesabaran itu. Karena di Tanah Suci nanti saudara-saudara akan bertemu dengan banyak jemaah dari daerah lain dan Negara lain. Bersabarlah untuk menahan diri hingga giliran tiba. Saya lihat di televisi, ada yang tidak sabaran, sehingga berebutan. Akibatnya ada orang lain yang terhimpit.

“Saya minta para saudara perbanyak perbuatan baik. Karena saya tahu, setelah pulang saudara-saudara akan dipanggil Bapak Haji atau Ibu Haja. Itu status yang sangat bermakna. Status itu semakin bermakna jika saudara-saudara juga penuh dengan perbuatan baik. Kebaikan dan kebajikan serta kebijakan,” pesan Penjabat Bupati Mekeng.

Hadir mendampingi Penjabat Bupati adalah Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan, Constantinus Tupen, SH dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sikka, Drs. Petrus Fahik. Sementara di kursi undangan, tampak para perwakian FORKOPIMDA, Ketua Kerukunan Haji Kabupaten Sikka, Drs. Muhamad Daeng Bakir, dan para pimpinan OPD Pemkab Sikka.

Untuk urusan haji ini, Pemerintah Kabupaten Sikka membantu biaya sebesar 280 juta lebih untuk transportasi para calon haji dari Maumere menuju embarkasi Surabaya, dan dari Surabaya ke Maumere, setelah pulang dari Mekkah.

Akan Siapkan Dokter

Calon jemaah haji Kabupaten Sikka tergabung dalam calon jemaah haji Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang tergabung dalam satu kelompok terbang (kloter). Jatah ini dirasakan sangat kecil untuk sebuah provinsi.

“Jika mungkin, kami berharap agar NTT mendapat tambahan jatah menjadi dua kloter, sehingga lebih banyak umat Muslim yang bisa menunaikan rukun kelima Islam ini. Karena daftar tunggu di Kabupaten Sikka saat ini sebanyak 1020 orang, dan jika dihitung sesuai jatah, maka seseorang harus menunggu 12 (dua belas) tahun untuk bisa pergi haji,” kata Yusuf Keneng, Ketua Panitia Penyelenggaraan Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sikka, dalam laporan panitia.

Yusuf Keneng pun meminta Pemerintah membantu menyertakan seorang dokter untuk mendampingi para calon haji dari Maumere ke Surabaya.

“Mereka ini umumnya sudah tua, Pak. Kami khawatir jika terjadi apa-apa dengan kesehatan mereka, jadi kami minta tolong disertakan dengan dokter,” kata Yusuf.

Terhadap pinta itu, Pj. Bupati tampak terkejut. “Pak Asisten, hal menyiapkan dokter ini adalah tugas Pemerintah, tanpa perlu diminta. Karena itu, saya tugaskan Asisten untuk segera siapkan dokter untuk mendampingi saudara-saudara kita ini, tidak saja dari Maumere ke Surabaya, tetapi juga dari Surabaya ke Maumere nanti,” kata Pj. Bupati Mekeng.

Panggilan Ilahi

Sementara para calon jemaah haji tampak bahagia. Setelah acara pelepasan, mereka meminta foto bersama Penjabat Bupati, seraya mengekspresikan rasa bahagianya dalam aneka gaya selfie.

“Alhamdulilah, saya bahagia, akhirnya jalan ke Mekkah. Insya Allah, semuanya baik-baik adanya,” komentar Ibu Mudmaina kepada Berita Sikka.***

Even Edomeko




Tuliskan komen di Facebook

Bagikan Komentar anda ke Facebook

Lihat semua komentar

Tulis komentar anda


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jajak Pendapat

Apakah situs berita ini membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang kredibel?
  Sangat membantu
  Membantu
  Cukup membantu
  Kurang membantu
  Tidak membantu

Komentar Terbaru

  • Petrus Rasi

    Perlu diapresiasi oleh masyarakat Sikka karena bupati dan wakil yang terpilih lima tahun lalu ...

    Lihat Semua Artikel
  • Servasius Aliando

    Sukses bravo nian ...

    Lihat Semua Artikel
  • lewuk nathan

    Makasih atas pemberitaan ini. Semoga Nian tana maju berkat kerja sama, kerja keras dan kerja ...

    Lihat Semua Artikel
  • Rollys saputra

    Sya bangga dan senang suda mnjadi bgian dr alumni SMAK ALVAREZ meskipun sya tdk sampai tamat sya ...

    Lihat Semua Artikel

Video Terbaru

Lihat Semua Video